5 Refrensi Makanan Sumber Karbohidrat, Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Untuk tampil percaya diri, banyak orang yang menginginkan tubuh ideal sebagai tampilan utama. Tak hanya itu, memiliki bentuk badan yang proporsional menjadi hal yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Selain untuk mendapatkan rasa nyaman, memiliki tubuh denga lemak yang berlebih hanya akan berisiko mendatangkan penyakit yang serius. Maka dari itu, ada baiknya untuk rawat dan menjaga pola hidup setiap harinya.

Salah satu cara untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal adalah dengan melakukan diet. Di balik jenis diet yang beredar di tengah masyarakat, salah satu hal yang paling sering dilakukan adalah tidak mengonsumsi nasi atau sumber karbohidrat lainnya.

Padahal, asupan karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai stok energi setiap harinya. Memang, dengan melakukan diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan seseorang, namun ada baiknya diselingi dengan asupan makanan dan aktivitas lainnya.

Jadi, jangan khawatir untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat ya, asal masih dengan porsi yang dapat dijangkau. Berikut beberapa list makanan yang mengandung karbohidrat, dan bisa kamu konsumsi saat sedang menjalani diet. Simak yuk!

1. Kacang-Kacangan 

Banyak yang menghindari kacang-kacangan untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet, pasalnya mengandung asam lemak di dalamnya. Padahal, kacang-kacangan bisa dijadikan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi.

2. Umbi-Umbian 

Selain nasi dan kacang, kamu bisa mendapatka sumber karbohidrat dari umbi-umbian yang merupakan makanan populer di Indonesia. Rasa yang ditawarkan cenderung manis, kaya akan serat dan baik untuk pencernaan.

Salah satu contoh yang sering dikonsumsi kaum diet adalah ubi dan kentang. Namun dalam mengolah makanan yang satu ini, ada baiknya cukup bijak ya. Hindari kontaminasi dengan minyak dan bumbu berlebih lainnya.

3. Sayuran 

Untuk jenis tumbuhan yang satu ini mungkin tidak asing lagi untuk dikonsumsi bukan? Selain memiliki kasiat yang menyehatkan, sayuran kaya akan serat di dalamnya sehingga dapat membatu penurunan berat badan.

Sayuran merupakan sumber karbohidrat kompleks, dan berikut beberapa sayuran yang cocok dikonsumsi saat sedang menjalankan diet:

- Wortel

- Terong

- Brokoli

- Jamur

- Labu Oranye

4. Gandum 

Tergolong dalam jenis serealia, gandum bisa menjadi sumber karbohidrat yang kompleks untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Gandum kaya akan vitamin, mineral, dan serat di dalamnya, maka tak heran sangat cocok dikonsumsi untuk menyehatkan badan.

Beberapa olahan yang berbahan utama gandum yang bisa kamu konsumsi seperti,

- Pasta,

- Roti Gandum,

- Sereal Gandum,

- Snack Bar.

5. Oat 

Makanan yang satu ini menjadi yang paling sering dijadikan pilihan bagi pelaksana program diet. Kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, oat juga mampu mengatur kadar gula di dalam darah dan juga kadar kolestrol. Makanan yang satu ini snagat gampang untuk dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya, untuk dapat dengan mudah dinikmati.

Tapi ada baiknya unutk menghindari pencampuran bahan makanan lainnya yang tingga akan kalori, karan akan mempengaruhi berat badan mu semakin meningkat.

Nah, titu dia beberapa list makanan karbohidrat yang bisa kamu konsumsi saat sedang menjalankan program diet, semoga artikel ini membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel