Tips Diet Yang Cocok Untuk Pengidap Asam Urat, Sudah Tau?

Untuk tampil nyaman dan percaya diri setiap harinya, kadang bentuk dan berat badan mempengaruhi hal tersebut. Pasalnya, jikalau tubuh dengan lemak yang terlalu banyak, hanya akan mengganggu keseharian kita.

Maka dari itu, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk  badan yang proporsional. Diet dan olahraga menjadi salah satu tips yang paling sering dilakukan. Namun bagaiman jikalau pelaku diet tesebut mengidap penyakit serius seperti asam urat, sehingga akan mengganggu aktivitasnya?

Sebenarnya, penderita asam urat juga diharuskan untuk melakukan diet. Program tersebut dinamai dengan diet purin rendah. Diet asam urat ternyata ampuh Lho dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah!

Penasaran dengan cara diet ala penderita asam urat yang aman untuk dilakukan?simak penjelasan berikut ini yuk!

1. Lakukan Pembatasan Purin

Jikalau tubuh kamu sudah mengalami pembengkakan purin, maka penderita asam urat harus meakukan diet untuk pembebasan purin. Hal ini bisa terjadi karena semua sumber makanan yang dikonsumsi mengandung protein nucleoprotein.

Maka dari itu, ada baiknya untuk membatasan asupan purin menjadi 100-150 miligram perharinya. Jikalau diet normal, jumlah yang dikonsumsi sekitar 600-1000mg purin perhari.

2. Konsumsi Kalori Sesuai Kebutuhan

Setiap harinya, kalori menjadi setoran wajib yang dikonsumsi oleh tubuh. Namun, harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan berdasarkan tinggi serta berat badam. Pengidap asam urat yang memiliki berat badan berlebih harus diturunkan dengan cara memperhatikan kalori yang dikonsumsi.

Jikalau terlalu sedikitpun, bisa saja membahayakan karena akan meningkatkan kadar asam urat. Hal itu terjadi karena adanya ketone bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urine.

3. Konsumsi Makanan Yang Tinggi Karbohidrat

Beberapa sumber makanan yang tinggi akan karbohidrat seeprti nasi, singkong, roti, dan ubi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal itu diakrenakan dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

Namun, dalam mengonsumsi karbohidrat kompleks ada baiknya tidak kurang dari 100 gram pe harinya. Jikalau karbohidrat fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup ada baiknya untuk dihindari karna akan meningkatkan asam urat di dalam darah.

4. Konsumsi Makanan Rendah Protein

Protein yang kamu konsumsi berikut berasal dari hewan, dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Maka dari itu, ada baiknya pengidap asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan rendah protein.

5. Rendah Lemak

Hal yang tidak boleh kamu konsumsi di dalam makanan dengan porsi kandungan yang terlalu tinggi adalah lemak. Semakin banyak lemak yang kamu konsumsi dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urine.

6. Tinggi Cairan

Jikalau kamu dapat mengonsumsi banyak cairan ke dalam tubuh, hal itu dapat memabntu dalam pembuangan asam urat melalui urine. Ada baiknya kamu selalu menghabiskan sekitar 2,5 litar air dalam sehari. Adapun air yang bisa kamu konsumsi berupa air putih masak, teh dan kopi.

Nah, itu dia beberapa tips diet untuk penderita asam urat yang bisa kamu coba. Janga lupa jaga kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel