4 Cara Diet Ampuh Untuk Menurunkan Kolestrol

Selain mempunyai badan yang ideal, tubuh yang sehat adalah hal terpenting untuk dimiliki. Pasalnya, kita akan kesusahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari jikalau memiliki penyakit di dalam tubuh.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah kolestrol tinggi. Kolestrol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan biasanya berasal dari makanan hewani. Namun jikalau kolestrol yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan rentan berisiko terkena penyakit serius.

Salah satu penyebab penyakit yang satu ini adalah karena terjadinya obesitas. Maka dari itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan berat badan. Lakukan beberapa cara seperti diet sehat yang baik dan benar.

Namun, banyak yang belum paham tentang bagaimana cara melakukan diet sehat, apalagi untuk menurunkan tingkat kolestrol yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

Penasaran dengan hal yang harus kamu lakukan untuk menurunkan berat abdan agar kolestrol turun? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

1. Mengonsumsi Makanan Berserat

makanan berserat merupakan makanan wajib yang harus kamu konsumsi untuk melancarakan sistem pencernaan di dalam tubuh. Untuk menurunkan kolestrol pun kandungan yang satu ini sangat wajib untuk dikonsumsi.

Namun, ada baiknya untuk memilih kandungan serta larut. Biasanya, jenis serat yang satu ini ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan seperti apel dan jeruk, serta sayuran. Kandungan serat larut akan membantu menyerap empedu, kemudian dibuang melalui saluran pencernaan.

Jadi hanya dengan mengonsumsi 5-10 gram serat larut setiap hari selama sebulan bisa menurunkan 5-10% kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Jangan Mengonsumsi Lemak Trans Buatan

Lemak trans buatan biasanya di dapat dari mentega atau margarin. Kandungan ini juga terdapat pada makanan yang digoreng atau makanan kemasan. Dengan mengonsumsi makanan yang berisikan kandungan lemak trans buatan, kamu sama saja meningkatkan risiko menaikkan kolestrol.

Ada baiknya, jikalau ingin menurunkan badan hindari mengonsumsi lemak trans buatan. Selain berisiko meningkatkan koelstrol, lemak trans buatan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung  sebesar 23%.

3. Kurangi Asupan Gula

Untuk yang satu ini mungkin tidak asing lagi bukan? Dalam menjalankan program diet, ada baiknya untuk tidak berteman baik dengan gula. Pasalnya, gula dapat meningkatkan risiko naiknya kolestrol di dalam tubuh.

Hal tersebut hanya akan membuat tubuhmu semakin bermasalah. Tapi bukan berarti tidak boleh menegonsumsi ya, ada baiknya untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 100 kalori perharinya.

4. Gunakan Gaya Diet Mediterania

Jikalau kamu mengidap kolestrol yang tinggi, salah satu jenis diet yang bisa kamu terapkan adalah gaya mediterania. Tipe diet yang satu ini berisikan makanan yang kaya akan minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Gaya diet mediterania dapat membantu kamu dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian setidaknya selama 4 tahun.

Nah, itu dia tips diet sehat yang bisa kamu gunakan bagi pengidap kolestrol tinggi. Semoga artikel ini membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel