Cara Menerapkan Metode Diet Intermittent Fasting, Beserta Manfaatnya

 

Mempunyai tubuh yang ideal menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Tak hanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, tubuh dengan lemak yang berlebih akan rentan dengan berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membakar lemak yang berlebih pada tubuh. Namun, hal yang dilakukan tersebut tidak membuahkan hasil yang baik dan sesuai dengan harapan, seperti diet contohnya.

Banyak jenis diet yang ditawarkan untuk kamu lakukan. Dalam pelaksanaannya, ada baiknya kamu meriset terlebih dahulu cara dan efek samping yang akan kamu dapatkan setelah melakukan diet tersebut.

Seperti contoh diet intermittent fasting. Pernah mendengar jenis program penurunan beratbadan yang satu ini sebelumnya? Program yang satu ini merupakan jenis diet yang cocok untuk direkomendasikan pelaksanaannya. Simak, penjelasan di bawah ini!!

Pengertian Intermittent Fasting

Intermittent fasting (diet puasa) adalah metode penurunan berat badan yang dilakukan dengan berpuasa, guna mengatur pola makan selama beberapa waktu. Selama waktu yang ditentukan, kamu masih bisa mengonsumsi air putih atau minuman di antara beberapa waktu tesebut.

Jenis diet yang satu ini mendapatkan banyak dukungn dari beberapa penggunanya seperti kaum selebriti, karena mendapatkan penurunan berat badan yang kontras, serta kesehatan sebagai bonusnya.

Berbeda dengan metode diet lain pada umumnya yang hanya mengurangi porsi makanan dan memilah jenis makanan yang harus dikonsumsi, intermittent fasting lebih mengatur kebiasaan waktu makan.

Manfaat Intermittent Fasting

Di balik terciptanya metode penuruna berat badan yang satu ini, paastinya ada manfaat yang bisa kamu jadikan alasan untuk menerapkan jenis diet yang satu ini. Simak penjelasannya:

- Mengubah fungsi hormon, sel dan gen

- Meningkatkan fungsi otak

- Mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh

- Mempertahankan berat badan ideal

- Meningkatkan sistem metabolisme

Jikalau kamu mempunyai pola makanan yang tidak teratur setiap harinya karena terlalu sering makan di luar atau lebih senang mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kamu bisa menjalani intermittent fasting untuk mengubah perilaku makanan sehat.

Jenis diet yang satu ini juga membantu kamu untuk mengendalikan tekanan darah serta kolestrol karena adanya proses pembakaran lemak akibat puasa yang dilakukan, dan membuat hormon insulin sensitif terhadap makanan.

Intermittent fasting akan membantu kamu untuk mendapatkan peremajaan dan juga perbaikan agar tubuh semakin bugar secara menyeluruh. Organ-organ tubuh akan terawat dan terhindar dari kerusakan.

Cara Melakukan Intermittent Fasting

Dalam melakukan diet yang satu ini, ada peraturan beragam dalam hal pengurangan konsumsi makanan yang harus kamu ikuti. Biasanya, tipe diet ini memberikan waktu seminggu untuk berpuasa.

Selama waktu yang ditetapkan, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit, bahakn tidak makan sama sekali jikalau bisa. Jikalau merasa terlalu berat dengan metode yang satu ini, ada beberapa cara jitu untuk melakukannya. Simak penjelasan berikut:

1. Metode 16/8

Peraturan pertama dengan metode ini adalah, kamu harus berpuasa selama 16 jam setiap harinya, dan 8 jam lalgi bisa kamu gunakan untuk waktu makan.

2. Eat-Stop-Eat

Cara yang sati ini mngharuskan kamu untuk tidak mengonsumsi makanan sama sekali selama 24 jam dalam beberapa hari setiap minggunya. Semisal, kamu berhenti mengonsumsi makanan di malam hari, maka kamu tidak akan makan sampai malam esok harinya.

Malam berikutnya kamu bisa makan dan berhenti lagi makan untuk esok malamnya kemudian.

3. The 5:2 Diet

Tipe yang satu ini dilakukan dengan cara mengurangi jumlah konsumsi hingga 25% dari jumlah normal, sekitar 500 – 600 kalori per hari atau setara dengan satu kali porsi makan.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang intermittent fasting. Ketahui dahulu metode diet yang ingin kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal yang kamu inginkan ya, semoga artikel ini membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel