4 Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan



Saat menjalani masa kehamilan, para ibu biasanya akan mengalami pelonjakan berat badan. Tak hanya itu, pasca melahirkan pun kebanyakan para ibu masih memiliki lemak yang berlebih, atau semkain parah setiap harinya kenaikan berat badan yang dimilki.

Dengan bentuk badan yang lebih lebar dari sebelumnya, pasti banyak para ibu yang tidak percaya diri dalam beraktivitas. Apalagi, jikalau itu adalh ibu muda yang memiliki rutinitas sibuk setiap harinya.

Tak tinggal diam, pasti para ibu ingin sekali bukan untuk mendapatkan bentuk badan normal seperti sebelum melahirkan? Tapi untuk menurunkan berat badan, ada baiknya tunggu sekitar 6-8 minggu setelah melahirkan.

Hal itu bertujuan untuk memberikan waktu para ibu agar bisa fokus pada masa pemulihan.Berikut beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk menurukan berat badan pasca melahirkan.

Yuk, simak penjelasannya!!

1. Tetap Fit

Untuk dapat mempermudah ibu dalam menurunkan berat badan, ada baiknya untuk memperhatikan rutinitas yang dilakukan. Hindari kegiatan yang dapat menyebabkan kelelahan, dan juga stres. Karena kedua hal itu cukup sering dialami oleh para ibu setelah melahirkan.

Di saat kelelahan dan stress melanda, biasanya akan terpacu untuk makan dengan porsi yang sangat banyak. Hal ini yang dapat membuat kalori di dalam tubuh tidak dapat hilang, atau malah semakin bertambah.

Akhirnya, berat badan akan sulit untuk berkurang. Maka dari itu, hindari aktivitas yang membuat kelelahan dan stress untuk mempercepat penurunan berat badan ya.

2. Kurang Tidur

Bagi para ibu yang mengalami kurang tidur, ada baiknya kurangi kebiasaan tersebut ya. istirahat yang cukup adalah penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap teerjaga. Kurang tidur juga dapat memicu stress dan kelelahan.

Alhasil, kadar hormon dalam tubuh yang menjaga nafsu makan akan terganggu. Stres pada tubuh juga dapat menyebabkan hormon kortisol (hormon stres) meningkat. Resiko yang didapat berupa ketidakmampuan tubuh para ibu dalam meemetabolismekan kalori secara efesien.

Dengan metabolisme di dalam tubuh yang lebih lambat, maka akan memicu lemak yang menumpouk di dalam tubuh semakin lebih banyak.

3. Rajin Olahraga

Seperti yang kita tau, selain menyehatkan olahraga juga berguna untuk mengurangi berat abdan yang berlebih. Untuk para ibu pasca melahirkan yang mempunyai lemak yang berlebih, ada baikya untuk rajin dalam olahraga.

Jikalau berolahraga saja jarang, kalori yang masuk ke tubuh tidak akan terpakai dan tertimbun di dalam tubuh. Hal ini yang membuat banyak par aibu yang kesusahan dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Jarang olahraga dapat mendorong metabolisme tubuh melambat. Metabolisme yang ada di dalam tubuh juga akan melambat setelah bertambahnya usia. Hal itu juga yang membuat berat badan akan sulit turun, atau malah justru bertambah.

4. Menghilangkan Cadangan Lemak Setelah Melahirkan

Cadangan lemak yang dimaskud adalah ASI ekslusif pada bayi. Tubuh ibu akan menyimpan cadangan lemak sebelum melahirkan untuk mempersiapkan energi selama menyusui.  Cadangan lemak ini mungkin tidak mudah untuk hilang, terlebih bagi Anda yang tidak memberikan ASI eksklusif kepada bayi.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memberikan ASI eksklusif dibandig susu formula kepada anak, untukm mempermudah ibu dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menurunkan berat badan pada ibu setelah melahirkan, semoga artikel ini membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel