Tips Diet yang cocok bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebih batas normal. Tubuh memerlukan kolesterol untuk bisa berkerja dengan baik.

Tapi, apabila jumlahnya terlalu tinggi dan jenisnya bukan kolesterol yang baik maka akan dapat menumpuk di pembuluh darah dan membuat penyempitan. Inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit seperti jantung konorer dan stroke.

Adapun penyebab terumum dari tingginya tingkat kolestrol tesebut adalah makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans.

Penyebab ini yang sering kali kita temui pada berbagai jenis makanan misalnya, gorengan, keripik, makanan cepat saji, dan sebagainya. Lemak yang terdapat pada jenis makanan ini dapat meningkatkan produksi kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Oleh sebab itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat yang lebih banyak mengandung nabati dalam upaya menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Penderita kolesterol tinggi perlu melakukan diet khusus untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap normal.

Namun demikian, mengetahui diet apa yang cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi sangatlah sulit. Terlebih ada banyak jenis diet yang mengklaim mampu membuat seseorang manjadi lebih sehat.

Berkaitan dengan hal ini, berikut akan dijelaskan tips diet yang cocok untuk penderita kolesterol tinggi :

1. Diet Mediterania 

Diet ini adalah salah satu metode yang digunakan pihak medis kepada penderita kolesterol tinggi. Para penderita kolesterol tinggi akan dianjurkan memakan makanan yang dimakan oleh penduduk penduduk di negara sekitar Laut Mediterania selama berabad-abad.

Beberapa jenis makanan tersebut seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, dan minyak zaitun. Zumpamo mengatakan “Diet Mediterania dilakukan dengan mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat dan protein”

Diet Mediterania berguna untuk mengurangi resiko jantung karena membuat penderita kolesterol tinggi  mengkonsumsi makanan yang menekan peradangan, mengurangi kolesterol tinggi, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Diet Ketogenik 

Diet Ketogenik atau biasa disebut diet keto bertujuan untuk menempatkan tubuh dalam keadaan ketosis. Keadaan ketosis maksudnya adalah pembakaran dalam lemak tubuh dan diubah menjadi energi.

Diet ketosis sangat bermanfaat bagi tubuh, tapi tidak semua penderita kolesterol tinggi dapat menggunakan metode diet ini karena dianggap memuakkan. Dikarenakan penderita disarankan untuk memakan makanan yang tinggi lemak jenuh.

3. TLC (Therapeutic Lifestyle Changes) 

Diet ini adalah kombinasi dari tiga bagian terapi yaitu diet, olahraga, dan kontrol berat badan. Kombinasi ini dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 20 persen sampai 30 persen.

Untuk menjalaninya, kamu harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans serta makanan dengan lemak jenuh. Namun tetap saja para penderita dapat mengkonsumsi makanan lezat dan favoritnya.

Hanya saja makanan tersebut versi sehat tanpa tambahan lemak, mentega, margarin serta tambahan lainnya yang mengandung trans lemak dan lemak jenuh.

4. Diet sesuai kebutuhan 

Tidak semua diet cocok untuk semua orang, karena apa yang cocok untuk kita mungkin bisa jadi bertentangan dengan orang lain. Oleh karena itu disarankan untuk diet dengan pilihan makanan dan gaya hidup masing-masing.

Ahli diet Zumpamo mengatakan “Ahli diet dapat membantu anda memasukkan makanan yang bisa dinikmati secara teratur dan membatasi atau menghindari makanan yang ingin dihilangkan.”

Menurutnya berkonsultasi dengan Ahli Diet adalah pilihan terbaik untuk diet sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing.

Nah, dengan mengetahui jenis-jenis diet yang cocok untuk para penderita kolesterol tinggi diharapkan para penderita dapat menerapkannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing masing.

Semoga artikel ini membantu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel