Jenis Diet Yang Cocok Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk mendapatkan badan yang ideal, beberapa orang berusaha untuk mengurangi berat badan agar mendapatkan rasa nyaman serta meningkatkan rasa percaya diri. Namun, kadang program diet tidak cocok bagi sebagian orang karena adanya masalah di dalam tubuh.

Seperti contoh, masalah pada jantung. Ada banyak cara ayng dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti contoh berolahraga, berhenti merokok, dan juga menerapkan diet yang sehat.

Tak hanya itu, pola makan yang sehat juga membantu kamu untuk mendapatkan kesehatan jantung serta manfaat lain seperti menurunkan risiko peradangan, tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol tinggi. Menerapkan diet serat cocok untuk kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Berikut adalah pola makan yang baik dan jenis diet yang harus kamu lakukan untuk mencegah penyakit jantung:

Pola Makan Mencegah Penyakit Jantung

1. Mengontrol Porsi Makan

Untuk mendapatkan jantung yang sehat, ada baiknya kamu tidak makan dalam porsi yang berlebih. Usahakan makan dengan porsi yang pas dan kurangi olahan dengan kandungan lemak jenuh. Hal itu dapat menyebabkan kamu rentan terkena obesitas hinga penumpukan kolestrol.

Resiko yang kamu dapat dari penumpukan kolestrol bisa berujung pada penyakit jantung. Maka dari itu, mulai kontrol porsi makan dengan menggunakan piring ukuran standar atau kecil.

2. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur

Buah adn sayur cocok untuk kamu konsumsi karena rendah kalori dan juga kaya akan vitamin serta mineral. Dengan memperbanyak mengonsumsi jenis makanan ini dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh, lho.

3. Pilih Gandum Utuh

Gandum utuh dapat menjadi sumber serat dan nutrisi yang baik. Dengan kandungan yang ada di di dalam gandum dikonsumsi secara rutin, dapat membantu kamu menjaga kesehatan jantung dan juga tekana  darah yang lebih stabil.

Jenis Diet Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

1. Diet Mediterania 

Diet yang satu ini merupakan pola makan yang dilakukan oleh orang-orang Yunani dan juga Italia Selatan pada Zaman dahulu. Makanan yang dikonsumsi harus seminimal mungkin, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur, polong, ikan, dan juga minyak zaitun ekstra virgin.

Beberapa penelitian mengungkapkan tentang diet mediterania ini berupaya untuk menurunkan resiko penyakit jantung, dan juga faktor adanya resiko penyakit jantung seperti kadar kolestrol dan juga trigliserida tinggi, obesitas, diabetes tipe 2, serta tekanan darah tinggi.

2. Diet DASH 


Merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, diet ini dirancang khusus untuk membantu mencegah serta mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Apda umumnya, diet yang satu ini mampu untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Mempunyai kemiripan dengan diet mediterania, diet ini merekomendasikan jumlah kelompok makanan tertentu berdasarkan dengan jumlah kalori yang kamu butuhkan.

Jenis makanan yang harus kamu konsumsi berupa biji-bijian, buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak sambil membatasi daging merah, biji-bijian olahan, dan gula tambahan.

3. Diet Vegan dan Vegetarian 

Sesuai dengan namanya, diet ini tidak memasukkan list olahan hewani ke dalamnya makanan yang dikonsumsi. Adapun sumber makanan yang dikonsumsi berupa buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak dan lemak nabati.

Untuk mengkonsumsi susu dan telur pun, seharusnya tidak diperbolehkan. Hal itu menjunjung diet vegan yang baik dan ketat. Adapun asupan yang di dapat berupa serat yang tinggi antioksidaa, dan juga senyawa antiinflamasi yang membantu kesehatan jantung terjaga.

Nah, itu dia beberapa tips tentang pola makan dan juga diet yang cocok untuk kamu terapkan agar kesehatan jantung dapat terjaga. Semoga artikel ini membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel