Terganggunya Kesehatan Mental Karena Diet Sembarangan, Ini 5 Faktanya

Mempunyai badan ideal adalah hal yang menarik untuk didapatkan. Badan yang proporsional bisa membantu untuk merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka tak heran,  banyak orang berusaha untuk mendapatkan bentuk badan yang mereka mau.

Terkhusus pemilik badan dengan berat berlebih. Beberapa cara dihalalkan untuk bisa mempunya badan dengan bentuk yang sempurna. Diet menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan. Diet mempunyai banyak sekali jenis dan cara yang berbeda untuk pelaksanaannya.

Dalam menjalani diet, seseorang harus mempelajari cara dan tujuan dari program tersebut. Kalau sembarang melakukan, beberapa hal buruk bisa terjadi. Diet yang sia-sia kerap kali akan menyelimuti pikiran anda. Dimulai dari situ, organ di dalam tubuh anda tidak akan bekerja dengan optimal.

Pada akhirnya, kesalahan saat melakukan diet bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. berikut fakta yang menyebabkan kesehatan mental memburuk saat melakukan diet yang salah:

1. Usus merupakan Otak Kedua Manusia

Kesehatan mental kamu akan terganggu dimulai dari cara kerja usus yang tidak bekerja dengan baik. Usus sendiri berada di sekitar sel saraf (neuron). Lebih dari 100 juta neuron yang ada, nantinya berperan untuk mengirimkan sinyal-sinyal apa yang dibutuhkan tubuh.

Jaringan tersebut dinamakan sistem saraf enterik yang mendukung kerja sistem pencernaan. Kompleksitas saraf tersebut pada akhirnya menghantarkan sinyal dari otak dan sumsum tulang belakang secara independen. Dari sinilah usus mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan otak.

2. Saraf Vagus bagi Usus

Sudah pernah mendengar saraf vagus sebelumnya? saraf vagus sendiri merupakan kumpulan serabut saraf panjang yang membentang dari otak ke perut.

Penelitian yang dilakukan oleh Psikiatri Universitas Oxford, Dr Katerina Johnson, sekitar 80% serabut saraf yang membentuk saraf vagus memberi sinyal ke arah dari usus ke otak, sementara hanya 20% sebaliknya.

Pernyataan ini mampu menunjukkan bawha saraf vagus di dalam tubuh merupakan jalur utama memproses berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Pernyataan itu menunjukkan bahwa saraf vagus di dalam tubuh anda melakukan jalur utama memproses berbagai macam makanan yang dikonsumsi.

Dari hal tersebut kita dapat mengetahui seberapa besar otak menerima informasi dari usus Anda.

3. Keberadaan Mikroba Usus

Adapn informasi yang didapat dari saraf vagus tersebut bergantung dari bagaimana mikroba usus merespon situasi eksternal yang ada di dalam tubuh. Salah  satu contohnya saat kamu sedang diet berlebihan yang membuat stress.

Dari pikiran yang mengganggu tersebut bisa mengganggu kinerja usu dan parahnya akan berujung pada gangguan kesehatan mental. Seorang pensiunan Profesor Psikiatri Ted Dinan mengungkapkan bahawa terdapat sebuah hubungan antara pola makanan yang buruk dan juga kesehatan mental yang buruk.

4. Peranan GABA

Dari penelitiannya, Jhonsos menambahkan bahwa pasien depresi memiiki lebih sedikit jenis bakteri tertentu yang disebut bakteroides. Adapaun tugas dari bakteri yang saatu ini adalah menghasilkan GABA (asam gamma-aminobutirat) bagi tubuh kamu.

Bahan kimia tersebut berperan meminimalkan dampak stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Jika otak Anda tidak mendapat asupan GABA yang cukup, ini menyebabkan peningkatan kecemasan dan insomnia.

5. Asupan Triptofan

Asam amino triptofan adalah elemen terpenting bagi otak. Kandungan triptofan di dalam makanan yang dikonsumsi nantinya akan pecah oleh bifidobacteria (mikroba usus). Dengan begitu produk tersebut sampai di otak dan diproses untuk menghasilkan hormon serotonin untuk mengatur mood kamu.

Usahakan asupan triptofandi dalam tubuh tetap terjaga agar peran mikroba usus bekerja dengan baik. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak akan mudah mengalami depresi kembali. Jika Anda kehabisan triptofan, pemulihan depresi hanya berlangsung sementara saja.

Na, itu dia beberapa hal yan mempengaruhi kesehatan mental saat kamu menjalani diet yang salah. Pelajari dahulu diet yang ingin kamu lakukan agar tubuh ideal dan juga kesehatan mental yang baik bisa kamu dapatkan.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel