Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan

Susu anak 4 tahun untuk menambah berat badan adalah hal yang harus diketahui oleh ibu.  Dengan nmegetahui setiap kandungan susu untuk balita memudahkan ibu untuk memutuskan memilih susu yang bagus untuk menambah berat badan anak 4 tahun . Anak yang sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anak yang kurus dan memiliki berat badan di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak.

Ketika berat badan anak tidak bertambah seiring berjalannya waktu, ditakutkan akan terjadi gangguan perkembangan otak anak yang akan memengaruhi kecerdasannya dan kemampuan bersosialisasinya.

Susu membantu mengatasi permasalahan tersebut. Dengan susu, bisa membuat perkembangan otak anak tumbuh dengan baik, apalagi anak tersebut memiliki banyak bernyanyi. Anak juga dapat dilatih bernyanyi sejak dini dengan memutar musik atau menyanyikan lagu-lagu seperti lagu chord satu rasa cinta.

Anak di umur empat tahun sudah memasuki tahap pra-sekolah, otomatis aktivitas mereka pun bertambah. Kekurangan berat badan bisa jadi menghambat kegiatan mereka. Maka, penting sekali agar mereka memiliki berat badan yang sesuai dengan usianya. Sebagai catatan, berat badan ideal anak usia empat tahun, ada pada angka 16,1-18,2 kg untuk anak perempuan dan 16,3-18,3 kg untuk anak laki-laki.

Sebelum anda menentukan susu untuk menambah berat badan anak 4 tahun, ada baiknya anda harus memahami setiap kandungan susu untuk menambah berat badan anak usia 4 tahun. Susu untuk menambah berat badan anak 4 tahun harus Memiliki komposisi yang baik.


Kandungan Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan Yang baik

1. Kandungan Protein Yang Tinggi

Susu anak 4 tahun untuk menambah berat badan harus memiliki protein terbaik dan ketika ingin meningkatkan berat badan, konsumsi protein sebaiknya memang ditingkatkan. Dikutip dari Healthline, protein merupakan salah satu nutrisi penting dalam menaikkan berat badan. Otot dibentuk dari protein dan tanpa protein, kalori yang masuk ke dalam tubuh biasanya hanya akan membentuk lemak tubuh.

2. Lebih Mudah Dikonsumsi

Menyuruh anak minum susu bisa lebih mudah dibandingkan menambah porsi makan si kecil dengan banyak pilihan makanan. Pemberian susu juga biasanya di luar jam makan sehingga tidak mengganggu jam makan utama anak.

3. Kalori Tambahan Yang Baik

Ketika anak mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dikonsumsi biasanya, tentu berat tubuh akan naik. Namun tentunya, kita harus memastikan bahwa jenis kalori yang dikonsumsi merupakan kalori yang baik. Jika kalori yang masuk tidak dibarengi dengan nutrisi yang baik, maka justru akan memicu obesitas yang berbahaya bagi kesehatan.

Susu anak 4 tahun untuk menambah berat badan tentunya tidak hanya memiliki manfaat untuk menambah berat badan saja, tapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat susu anak 4 tahun untuk menambah berat badan anak:

  1. Kesehatan tulang dan gigi. Berkat kandungan kalsium yang tinggi dalam susu, konsumsi susu dapat membantu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak, lho.
  2. Menjaga sistem imun. Konsumsi susu secara teratur terbukti dapat menjaga sistem imun karena susu mengandung beberapa nutrisi yang berperan sebagai antioksidan seperti selenium, zinc, dan vitamin E.
  3. Memenuhi kebutuhan nutrisi. Beberapa jenis nutrisi mungkin tidak dapat terpenuhi hanya dengan makanan utama saja. Susu yang mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.


Tentang Berat Badan Balita

Dikutip National Health Service UK, anak usia 2 hingga 5 tahun mungkin telihat kecil, tetapi mereka sedang tumbuh dan membutuhkan energi (kalori) dan nutrisi yang berasal dari makanan yang bervariasi dan seimbang.

Jika kekurangan berat badan, anak mungkin tidak mendapatkan cukup kalori. Semua anak membutuhkan energi (kalori) dan nutrisi yang berasal dari pola makan yang bervariasi dan seimbang. Anak-anak memiliki perut yang lebih kecil dan perlu makan dalam jumlah yang lebih kecil tapi lebih sering.

Selain makanan, susu rendah lemak juga bisa menambah berat badan anak, termasuk pada balita. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal's Archives of Disease in Childhood, konsumsi susu rendah lemak atau skim dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Virgina meneliti kebiasaan minum susu dari sekitar 11.000 anak, seperti yang dilaporkan oleh orang tua atau wali mereka pada usia 2 tahun dan sekali lagi pada usia 4 tahun, sebagai bagian dari Studi Early Childhood Longitudinal Study, yang melacak perkembangan fisik dan pendidikan.

American Academy of Pediatrics (AAP) dan American Heart Association juga merekomendasikan agar anak-anak di atas usia 2 tahun minum susu rendah lemak atau susu skim untuk mengurangi lemak jenuh makanan dan mengontrol berat badan.

Para peneliti menduga bahwa anak-anak yang kelebihan berat badan mungkin akan bertambah berat badannya jika tidak minum susu rendah lemak sejak awal, dan bahwa konsumsi susu rendah lemak mungkin merupakan tanggapan atas perhatian orang tua mengenai kenaikan berat badan anak.

 

Rekomendasi Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi susu anak 4 tahun untuk menambah berat badan sebagai pertimbangan untuk Moms sebelum memutuskan untuk memberikannya kepada Si Kecil.

1. Curcuma Plus

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Curcuma Plus Susu Bubuk.

Biasanya, salah satu alasan anak kehilangan berat badan adalah karena nafsu makan yang berkurang. Curcuma Plus adalah susu penambah berat badan balita yang mengandung ekstrak Temulawak alami yang teruji mampu meningkatkan nafsu makan.

Meski mengandung Temulawak, rasanya tidak seperti jamu melainkan seperti susu pada umumnya dengan 4 varian rasa yang akan disukai anak, yakni Strawberry, Cokelat, Vanila, dan Madu. Susu yang direkomendasikan untuk anak usia 1-6 tahun ini memiliki ukuran kemasan 180 gr, 350 gr dan 750 gr.

Selain temulawak, Curcuma Plus juga mengandung bahan-bahan yang baik untuk tumbuh kembang anak seperti Protein, Kalsium, Serat Pangan, DHA, Kolin dan 11 vitamin dan 3 mineral lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anak-anak disarankan minum 2 gelas dalam sehari.


2. Bebelac

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Bebelac 4 Vanila Susu Bubuk 400 GR. 

Sistem pencernaan yang kurang baik dapat berdampak pada berat badan anak. Bebelac 4 dapat menjadi pilihan susu penambah berat badan untuk balita. Susu ini mengandung FOS:GOS yang berfungsi sebagai prebiotik, sehingga dapat membantu menjaga sistem pencernaan anak usia 1-6 tahun.

Selain itu, susu Bebelac 4 juga mengandung banyak zat seperti Zat Besi, Zinc, Iodium, Vitamin A, Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, dan Kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik maupun perkembangan kognitif anak. Dengan rasa madu dan vanila, susu ini tersedia dalam kemasan 400 gr, 800 gr, dan 1800 gr.


 3. Nestle Lactogrow

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Nestle Lactogrow 4 Vanilla 750gr New.

Lactogen adalah nama lain dari Nestle Lactogrow sebelum berubah nama. Susu ini diklaim efektif sebagai penambah berat badan balita secara alami, karena mengandung minyak ikanyang dikenal sebagai bahan yang mampu merangsang nafsu makan.

Selain itu, Lactogrow juga dilengkapi dengan formula happy nutri yang dibutuhkan anak-anak agar bisa bertumbuh dengan sehat dan gembira. Memiliki rasa Vanila dan Madu, Lactogrow juga mengandung bahan yang dibutuhkan anak, seperti Protein, Kalsium, Omega 3, Omega 6, Zink, Zat Besi, Selenium, Vitamin, dan DHA. Memiliki kemasan 750 gr, susu ini direkomendasikan untuk anak berusia 3-5 tahun


 4.  SGM Eksplor 

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : SGM Eksplor Aktif 1+ Pro-GressMaxx Madu Susu Pertumbuhan 900GR.

Jika Moms mencari susu penambah berat badan balita dengan harga yang ramah di kantong tetapi kualitasnya tidak mengecewakan, SGM Eksplor bisa menjadi pilihan. Susu yang diproduksi oleh Sari Husada ini sudah menjadi susu kepercayaan ibu-ibu Indonesia sejak lama dalam menemani tumbuh kembang anak.

SGM Eksplor 1 Plus membuat inovasi baru yang dilengkapi dengan formula complinutri yang dibutuhkan Si Kecil. SGM Eksplor 1 Plus memiliki varian isi 150 gr, 400 gr, 600 gr, dan 900 gr. Kandungan yang dimiliki pun beragam, seperti Protein, Inulin, Kalsium, Fosfor, Zinc, Zat Besi, Asam Amino, Kolin, Minyak Ikan, Omega 3.

Memiliki rasa Vanila dan Madu, susu ini diformulasikan untuk anak dengan usia 1-3 tahun.


5. S-26 NutriSure Gold

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan: S-26 NutriSure Gold.

Jika Si Kecil mengalami masalah makan seperti picky eater, tentunya Moms membutuhkan susu penambah berat badan balita agar terhindar dari kekurangan nutrisi. Susu S-26 Nutrisure Gold bisa menjadi pilihan karena kandungan makronutrien dan mikronutrien yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan.

Susu ini bisa diberikan dalam rentang usia yang cukup panjang, yakni anak usia 1-10 tahun. Setelah masalah makan anak teratasi, pemberian susu ini bisa diganti dengan susu biasa. S-26 NutriSure Gold memiliki kemasan 400 gr dan 900 gr dengan rasa Vanila.

Susu penambah berat badan untuk balita hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, anak-anak juga harus mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi ya Moms!


6. Friso Gold

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Friso Gold 4 Plain 400gr Susu Formula Pertumbuhan Anak Usia 1-3 Tahun.

Untuk Moms yang tidak hanya fokus dalam penambahan berat badan balita namun juga higienitas, susu ini cocok untuk dijadikan pilihan. Friso Gold 4 memiliki kemasan yang sangat praktis untuk dibuka dan ditutup karena memiliki protection lid, dan dilengkapi tempat untuk menaruh sendok.

Meski sering dibuka tutup, susu tetap terjaga kehigienisannya. Moms pun bisa membawanya bepergian tanpa takut tumpah. Bukan hanya itu, susu ini juga memiliki teknologi locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi yang tidak berubah saat diseduh menggunakan air panas.

Kandungan yang ada di dalamnya seperti Kalsium , Probiotik, Zink, Nukleotida, Selenium, Ala & La, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E pun mudah dicerna oleh perut. Friso Gold 4 juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Memiliki kemasan 400 gr dan 900 gr, dengan rasa plain susu ini bisa dikonsumsi oleh anak usia 3-12 tahun.

 

7. Pediasure 

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Pediasure Triplesure Van 850gram.

Bagi anak yang susah makan, Pediasure bisa menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Susu ini mengandung mikronutrien dan makronutrien yang cukup lengkap seperti 12 vitamin, 7 mineral, protein, lemak, serta karbohidrat.

Jadi meski anak susah makan, setidaknya Moms tak perlu khawatir tubuh Si Kecil mengalami mal nutrisi. Kualitas Pediasure sudah terbukti diklaim bermanfaat selama puluhan tahun. Dengan rasa Vanilla, Cokelat dan Madu, susu yang memiliki kemasan 400 gr dan 850 gr ini cocok untuk anak berusia 1-10 tahun.

 

8. Morinaga

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Morinaga Chil School Vanila 800gr Box.

Memiliki anak dengan riwayat alergi susu sapi dan laktosa tentu menjadi tugas tersendiri bagi orang tua. Apalagi jika Si Kecil kesulitan menaikkan berat badannya. Namun jangan khawatir, perusahaan Kalbe memproduksi susu soya yang ditujukan bagi anak-anak penderita galaktosemia maupun alergi protein sapi.

Namanya Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges. Meski bukan terbuat dari susu sapi, Moms tidak usah meragukan kandungan nutrisinya. Di dalam susu ini mengkombinasikan zat gizi makro dan mikro yang mampu mendukung pertumbuhan fisik maupun kecerdasan multi talenta anak.

Dikemas dalam kemasan 300 gr dan 600 gr, susu ini mengandung Kalsium, Vitamin D, Probiotik, Kolin, DHA, Asam Amino, dan Protein Kedelai. Memiliki rasa Vanila, usia anak yang direkomendasikan untuk meminumnya adalah 1-3 tahun.

 

 9. Similac Gain Plus

Susu Anak 4 Tahun Untuk Menambah Berat Badan : Similac Gain Plus.

Susu penambah berat badan balita ini memiliki nutrisi tambahan yang dibutunkan oleh Si Kecil. Similac Gain Plus khusus dipentukkan bagi anak-anak usia 1-3 tahun yang memiliki kekurangan berat badan. Dalam Similac Gain Plus terkandung 12 vitamin dan 9 mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Susu ini juga juga memiliki campuran minyak nabati dari minyak bunga matahari, minyak kelapa, serta minyak kedelai, serta kandungan Kalsium, Zat Besi, Zinc, Minyak Nabati, Protein, Fosfor, yang akan melengkapi nutrisinya.

Memiliki rasa vanila yang disukai anak-anak, Similac Gain Plus memiliki kemasan 400 gr dan 900 gr dalam kemasan kaleng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel