Contoh Gerakan Handstand

Menantang dan berbahaya itu adalah ciri khas dari senam yang dikenal dengan nama Handstand. Agar memperoleh manfaatnya secara optimal, cara melakukan handstand perlu diperhatikan.

Sebenarnya semua orang bisa melakukan gerakan senam ini. Namun, diperlukan teknik yang baik dan benar jika salah melakukan gerakan handstand, maka dapat meningkatkan risiko cedera, sehingga Anda malah tidak bisa melakukan gerakannya sama sekali. Gerakan handstand bertumpu pada kekuatan tangan. Agar kamu tidak bosan saat melakukan gerakan ini, admin sarankan nih, kamu mencoba memutar lagu chord buih jadi permadani sobat.

Jika Anda ingin mencobanya, tentunya penting untuk melatih berbagai aspek, seperti kekuatan dan stamina. Barulah kemudian variasinya ditingkatkan. Jangan lupa ambil sesi istirahat untuk meregangkan otot-otot kamu. Untuk mengisi waktu istirahat kamu dapat membaca-baca profil seorang artis muda Indonesia yang cemerlang yaitu Steffi Zamora.

Ketahui cara berlatih dan contoh gerakan handstand untuk pemula, dari mulai persiapan hingga hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan ini. Namun sebelum itu, kamu dapat mendengarkan musik atau lagu chord runtah untuk menemani kamu saat membaca artikel ini. Langsung saja kita simak.

 

Persiapan Sebelum Melakukan Gerakan Handstand

Setiap gerakan olahraga yang kita lakukan pasti harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan tentunya penting. Pasalnya, jika memulai latihan tanpa pemanasan, risiko cedera dapat meningkat. Karena gerakan handstand bertumpu pada kekuatan tangan maka, hal penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah melatih otot-otot yang terlibat saat melakuakan gerakan handstand. 

Contoh gerakan yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu plank, push up, dan pull up. Gerakan-gerakan ini membantu melatih otot core, bahu, dan lengan. Anda membutuhkan kekuatan ketiga otot tersebut untuk menahan tubuh Anda saat melakukan gerakan handstand supaya seimbang. Jika Anda pemula, pastinya tidak secara ajaib Anda bisa langsung membuat gerakan yang sempurna.

Agar lebih familier dengan gerakan handstand, Anda dapat berlatih mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, cobalah melakukan L-stand di dinding.
  2. Saat berlatih handstand, bertumpulah pada kedua lutut dan kedua telapak tangan Anda, lalu kedua telapak kaki Anda harus menempel pada tembok.
  3. Posisikan tubuh Anda seperti posisi yoga downward-facing dog, namun dengan tetap menempelkan kedua kaki pada tembok.

Setelah itu, perlahan-lahan lakukan gerakan berjalan sehingga telapak kaki makin menjauhi lantai.

Posisi akhir dari gerakan ini adalah tubuh membentuk huruf L dengan kedua telapak kaki di tembok dan telapak tangan pada lantai.

 

Cara Melakukan Gerakan Handstand

Setelah Anda melakukan gerakan-gerakan di atas dan sudah cukup kuat, maka Anda bisa mulai melakukan handstand.

Berikut adalah cara melakukan handstand untuk pemula yang bisa Anda coba:

1. Dimulai dari Posisi Downward-Facing Dog

Saat berlatih handstand, kaki harus diletakkan pada tembok. Perlahan-lahan, pindahkan tumpuan berat badan Anda ke kaki bagian depan sampai akhirnya bertumpu pada ujung jari. Pada tahap ini, pastikan kedua telapak tangan pada jarak selebar bahu.

2. Pindahkan Tumpuan Badan ke Tangan

Perlahan-lahan berjalanlah, sehingga posisi kaki Anda semakin menjauhi lantai dengan kedua lutut sedikit menekuk. Pada posisi ini, pindahkan tumpuan berat badan Anda perlahan ke tangan.

Jika tangan Anda sudah cukup kuat untuk menumpu berat, lanjutkan berjalan dan kuatkan otot bahu, dada atas, dan core.

3. Luruskan Satu Kaki Kaki

Cara melakukan handstand berikutnya adalah luruskan salah satu kaki Anda. Ini dilakukan ketika tubuh sudah membentuk huruf L. Pastikan arah kaki Anda sedikit memutar ke bagian dalam untuk mempertahankan posisi tulang belakang. Ujung kaki bisa dalam bentuk point ataupun “barbie doll”.

4. Langkah Terakhir, Angkat Kedua Kaki

Jika posisinya sudah pas, Anda bisa coba meluruskan kaki yang satunya. Karena baru memulai gerakan handstand, sebaiknya Anda letakkan kedua ujung jari pada tembok supaya lebih stabil.

Untuk turun dari posisi handstand, tekuk kedua lutut dan turunlah dengan melakukan gerakan cartwheel.

 

Gambar Contoh Gerakan Handstand






 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel