Berat Badan Normal Ibu Hamil 35 Minggu

Apakah anda tau berapa berat badan normal ibu hamil 35 minggu ? pasti penasarankan mama. Berat badan naik saat hamil itu normal. Namun, seorang ibu hamil tetap perlu mengontrol berat badannya demi menunjang kesehatan dirinya serta janin. Ya, berat badan normal ibu hamil saat hamil penting untuk diperhatikan semua wanita.

Ketahuilah bahwa laju kenaikan berat badan yang berlebih maupun penurunan yang drastis, justru dapat mendatangkan komplikasi pada proses kehamilan. Untuk itu, bila Anda sedang menjalani kehamilan, perlu mengetahui berat badan normal ibu saat hamil yang tepat bagi diri Anda.

Jika Mama khawatir apakah berat badan normal ibu hamil 35 minggu sudah sesuai atau belum, sudah ideal sesuai dengan usia kehamilan apa belum, berikut admin telah merangkum informasi mengenai berat badan normal ibu hamil 35 minggu beserta janin yang ideal sesuai usia kehamilan, dilansir dari berbagai sumber.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan lebih jauh, ada baiknya apabila kamu mendengarkan lagu chord dermaga biru sambil membaca artikel ini. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengaruh Berat Badan terhadap Kehamilan

Berat badan memiliki pengaruh yang besar dalam perjalanan kehamilan seorang wanita. Oleh sebab itu, berat badan ibu hamil tetap harus selalu dalam pemantauan. Jangan sekali-sekali mengidentikkan tampilan gemuk dengan kondisi hamil yang sehat. Sebab, kenaikan maupun penurunan yang berlebihan bisa sangat memengaruhi kehamilan. Hamil 35 minggu adalah hamil 8 bulan. Pada usia kehamilan 35 minggu, berat badan janin serta panjangnya adalah 46 centimeter dan 2,38 kilogram.

Bila ibu mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan selama hamil, risiko komplikasi selama hamil dan persalinan dapat meningkat. Komplikasi tersebut antara lain:

  1. Hipertensi gestasional (darah tinggi selama hamil)
  2. Diabetes gestasional (gula darah tinggi selama hamil)
  3. Berat badan lahir yang besar atau makrosomia
  4. Hambatan dalam persalinan normal (sehingga dianjurkan operasi caesar)

Ibu hamil yang memiliki berat badan kurang selama kehamilan juga memiliki beberapa risiko. Bila pertambahan berat badan ibu hamil yang normal tidak tercapai, muncul risiko kelahiran prematur (sebelum 37 minggu) dan berat badan lahir rendah pada janin.

  

Pertambahan Berat Badan normal Ibu Hamil

Berikut adalah total kenaikan berat badan selama kehamilan, yang masih dianggap normal atau aman, sesuai dengan IMT sejak sebelum hamil:

  • Bagi yang memiliki IMT di bawah 18,5 (underweight) sebelum kehamilan, maka disarankan untuk menaikkan berat badan sampai 12,5 - 18 kg.
  • Bagi yang memiliki IMT 25 - 29,9 (overweight) sebelum kehamilan, maka disarankan untuk menjaga kenaikan berat badan hanya 7 - 11,5 kg.
  • Bagi yang memiliki IMT di atas 30 (obesitas) sebelum kehamilan, maka disarankan untuk menjaga kenaikan berat badan hanya 5 - 10 kg.

Lantas, ke mana saja kenaikan berat badan ini dialihkan? Begini perkiraannya: 

  • Bayi: 3 - 3,6 kg.
  • Plasenta: 0,5 - 1 kg.
  • Air ketuban: 1 kg.
  • Payudara: 1 kg.
  • Rahim: 1 kg.
  • Pertambahan volume darah: 1,5 - 2 kg.
  • Pertambahan volume cairan: 1,5 - 2 kg.
  • Cadangan lemak: 3 - 4 kg.

Panduan Kenaikan Berat Badan Normal Ibu Hamil

 


Tips Menjaga Berat Badan normal Ibu Hamil

Berat badan normal saat hamil bukan hal yang tidak mungkin untuk dicapai. Bila ibu mengalami kenaikan berat badan yang kurang, maka kuncinya adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan tinggi kalori. Berikut adalah tips untuk meningkatkan kenaikan berat badan saat hamil:

Tetap batasi konsumsi gula tambahan dan lemak.

Olahraga juga penting karena membantu meningkatkan berat badan dengan membentuk otot, serta menambah nafsu makan.

Pastikan tidur cukup dan berkualitas.

Sedangkan ketika ibu memiliki berat badan berlebih, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang manis serta tinggi lemak. Cara pengolahan makanan dengan minyak dan dalam suhu tinggi juga perlu dikurangi. Selain itu, ibu hamil dianjurkan tetap berolahraga rutin seperti berenang atau senam.

Konsumsi susu ibu hamil yang padat kalori.

Makan lebih sering 4-5 kali sehari dengan porsi kecil dibandingkan makan dengan porsi besar 2–3 kali sehari.

Pilih menu makanan yang tinggi kalori seperti daging merah, ayam, ikan, telur, susu full-cream, keju, serta kacang-kacangan. Buah-buah berkalori tinggi (alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, yoghurt dapat ibu jadikan camilan.

Hindari minuman kemasan yang tinggi kalori tapi tidak ada kandungan gizinya. Gantilah dengan membuat smoothiesdari buah serta susu.

Demikian pembahasan seputar berat badan normal ibu hamil 35 minggu. Menjaga agar kenaikannya tetap ideal adalah hal yang penting bagi kesehatan ibu maupun janin. Dengan kenaikan berat badan yang ideal, maka kehamilan sehat juga sudah dalam genggaman!

 

Ingin mengetahui info tentang kesehatan ibu hamil ? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter yang ebih ahli dalam bidangnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel