Berisiko Menaikkan Berat Badan, Ini 5 Mitos Diet yang Harus Dihindari

Untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal, banyak cara yang dilakukan oleh beeberapa orang. Hal itu terjadi karena banyak yang tidak percaya diri dengan berat badan yang berlebih. Selain itu, lemak yang berlebihan pada tubuh dapat berisiko masalah yang lebih serius.

Diet menjadi salah satu hal yang sering dilakukan sebagai program penurunan berat badan. Namun sayang, banyak yang tidak mempelajari atau mengetahui tentang diet yang dilakukan terlebih dahulu. Beberapa mitos yang beredar bahkan membuat berat badan semakin meningkat.

Maka dari itu, ketahui kegitan diet yang akan kamu lakukan dan hal dampak yang akan didapatkan oleh tubuh. Berikut beberapa mitos tentang diet yang tersebar, namun dapat berisiko menaikkan berat badan jikalau dilakukan.

1. Menghindari Makanan yang Berlemak 

Untuk memenuhi asupan gizi, kebutuhan energi dan untuk memperbaiki sel-sel tubuh, lemak cukup dibutuhkan. Namun, kamu juga hrus bijak dalam memilih makanan berlemak saat sedang melangsungkan diet.

Beberapa makanan dengan kandungan lemak yang bisa kamu konsumsi seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian. Yang harus kamu hindari berupa makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans di dalamnya.

2. Minum Banyak Air Supaya Cepat Kurus

Banyak yang beranggapan kalau saat diet harus mengonsumsi air putih yang banyak, agar cepat mengalami penurunan berat badan. Padahal hal itu salah besar ya. Air memang sangat dibutuhkan dalam mendukung kerja metabolisme tubuh dan juga mencegah dehidrasi.

Dengan mengonsumsi air dengan porsi yang cukup akan membantu kesehatanmu terjaga. Akan ada pengaurh dalam menurunkan berat badan, namun kamu juga harus menyelinginya dengan makanan yang sehat.

3. Tidak Mengonsumsi Camilan Untuk Mencegah Berat Badan Naik

Salah satu mitos yang salah namun sering dilakukan oleh beberapa orang adalah menghindari mengonsumsi cemilan saat sedang melangsungkan diet. Hal ini tidak sepenuhnya benar ya, karena camilan diperlukan di sela-sela waktu makan.

Kita pastinya akan merasa lapar karna mengonsumsi makanan berat yang cukup diatur, namun hindari camilan yang memiliki kandungan lemak dan tinggi di dalamnya. Seperti contoh keripik, kue atau cokelat.

4. Tidak Sarapan Agar Mempercepat Penurunan Berat Badan

Inforamasi yang satu ini cukup membuat beberapa orang keliru. Saat melangsungkan diet, sarapan menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Jika melewatkan sarapan, hanya akan membuat kita akan merasa lapar yang berlebih dan memicu untuk makan dengan porsi yang banyak di siang hari. Hal itu hanya akan berisiko untuk menaikkan berat badan.

5. Karbohidrat Dapat Membuat Tubuh Gemuk

Mitos yang satu ini juga menjadi hal yang paling sering didengar oleh beberapa orang. Mereka tidak mengonsumsi makanan berkarbohidrat karena akan memicu peningkatan berat badan yang berlebih.

Padahal kamu bisa mengonsumsi karbohidrat untuk emmenuhi kebutuhan energi tubuh. Selain itu, perhatikan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, dan cukup bijaklah dalam memilih jenis makanan dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Adapun makanan yang bisa kamu konsumsi seperti beras merah, buah-buahan, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Nah, itu dia beberapa mitos yang salah saat melakukan diet, semoga artikel ini membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel