Jenis Kacang-Kacangan Yang Cocok Dikonsumsi Saat Menjalani Program Diet

Banyak jenis buah-buahan yang bisa menjadi makanan alternatif saat kamu sedang menjalani masa diet. Kaya akan khasiat baik dan juga mempunyai rasa yang enak dipastikan cocok untuk menunda rasa lapar kamu saat berjuang untuk mendapatkan tubuh ideal.

Disaat kamu terganggu dengan lemak bandel yang ada di tubuh kamu, diet yang dijalani tidak harus dengan cara yang ekstrim. Gunakan trik diet mulai dari yang sederhana, seperti mengkonsumsi buah-buahan yang cocok untuk dijadikan diet harian yang mudah.

Seperti contoh kacang. Kacang tinggi akan lemak sehingga menghambat  penurunan badan dan juga memicu terjadinya jerawat. Itu merupakan pernyataan yang diketahui oleh banyak orang, sehingga menghilangkan kacang dari list makanan yang wajib dikonsumsi saat diet.

Padahal, kacang justru makanan sehat yang cukup  aman dikonsumsi saat lapar. Kacang sendiri bisa menjadi pilihan sehat sebagai camilan yang dapat menunda rasa lapar kamu. Berapa jenis kacang yang kamu ketahui dapat dikonsumsi saat menjalani diet?

Berikut jenis kacang-kacnagan yang baik dikonsumsi saat sedang menjalani diet:

1. Kacang Tanah  

Jenis kacang ini merupakan yang paling umum untuk dijumpai oleh banyak masyarakat. Kacang ini tumbuh subu di tanah Indonesia dan sering dimanfaatkan sebagai bahan berbagai macam masakan.

Pastinya kalian sering mengkonsumsi kacang ini ditambah dengan campuan lauk lainnya, dan dijadikan sambal bukan?  Nah, kacang yang sering kamu konsumsi itu mengandung polifenol, antioksidan, flavonoid, dan asam amino.

Adapun kandungan lemak yang terdapat di dalam jenis kacang ini kebanyakan asam lemak tak jenuh tunggal tak jenuh ganda. Dengan begitu, dapat disimpulkan kalau mengkonsumsi kacang jenis ini saat diet sangat diperbolehkan, tapi jangan terlalu berlebihan ya.

2. Kacang Jambu Mete  

Kacang yang satu ini mempunyai rasa yang lezat dan juga gurih, asin dan juga sedikit manis. selain sering dijadikan cemilan oleh banyak orang, kacang mete juga menawarkan banyak khasiat baik untuk tubuh saat dikonsumsi.

Apalagi untuk kamu yang sedang menjalani diet, berikut kandungan yang ada di dalam kacang mete:

- Air: 4,6 gram

- Kalori: 616 kkal

- Protein: 16,3 gram

- Lemak: 48,4 gram

- Karbohidrat: 28,7 gram

- Serat: 0,9 gram

- Kalsium: 26 miligram

- Fosfor: 521 milligram

- Zat besi: 3,8 miligram

- Natrium: 26 miligram

- Kalium: 692 miligram

Tembaga: 4,7 miligram

- Zinc: 4,1 miligram

- Beta karoten: 5 mikrogram

- Thiamin (Vit. B1): 0,64 miligram

- Riboflavin (Vit B2): 0,03 miligram

- Niacin (Vit. B3): 0,0 miligram

3. Kacang Almond 

Kacang almond juga pastinya tak asing lagi ditelinga masyarakat bukan? Kacang yang sering dijadikan topping makanan atau cemilan ini ternyata cocok loh dikonsumsi untuk  kamu yang sedang menjalani program diet.

Walau memiliki harga yang cukup mahal, kacang almond sendiri mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga aman dikonsumsi saat diet. Adapun beberapa kandungan yang ada di dalam kacang tersebut berupa kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan vitamin E.

4. Kacang Pistachio 

Pernah mendengar kacang jenis ini sebelumnya? Daerah persebaran  kacang jenis ini ada di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Kacang jenis ini termasuk ke dalam kategori  makanan yang cocok untuk dijadikan cemilan saat menjalani masa diet.

Pistachio mengandung tinggi protein dan juga menjadi sumber asam lemak sehat dan antioksidan. Asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan tak jenuh ganda membentuk sebagian besar kandungan lemak dalam pistachio.

Jadi sudah sangat jelas bukan kalau jenis kacang ini akan sangat aman untuk dikonsumsi saat berdiet?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel