Ini Dia, Makanan Untuk Diet Rendah Kalori

Ini Dia, Makanan Untuk Diet Rendah Kalori
Memiliki berat badan yang ideal merupakan sebuah impian bagi kebanyakan orang, baik itu wanita maupun laki-laki.

Banyak jalan yang ditempuh hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, sehingga tak jarang banyak orang yang rela mengikuti prosedur yang justru dapat membahayakan tubuh mereka.

Salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup banyak dilakukan oleh masyarakat adalah dengan melakukan sedot lemak.

Sedot lemak merupakan sebuah proses penyedotan lemak pada tubuh yang dilakukan dengan mengambil jalur operasi.

Penurunan berat badan dengan jalur operasi seperti sedot lemak merpakan salah jalan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Daripada mengabil resiko yang berbahaya, penurunan berat badan dengan cara diet sehat dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat buat kamu.

Diet merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan memperhatikan pola makan.

Hal yang perlu diperhatikan seseorang yang sedang menjalani program diet adalah jumlah kalori yang dikonsumsi.

Dilangsir dari situs pemerintah Hukor.kemkes.go.id,  rata-rata kecukupan kalori harian bagi masyarakat Indonesia sebesar 2100.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu yang sedang dalam fase diet untuk memilih jenis makanan yang rendah kalori namun tetap bernutrisi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang makanan diet rendah kalori yang direkomendasikan buat kamu yang sedang menjalani program diet. Penasaran apa saja itu? Mari kita bahas.

Makanan Untuk Diet Rendah Kalori

1. Kentang

Makanan untuk diet yang pertama adalah kentang.

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi karbohidrat, natrium, kalium, protein, vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, zat besi, kalium dan juga magnesium.

Tercatat bahwa di dalam 100 gram kentang terkandung 76,7 kcal. Oleh karena itu, kentang  termasuk kedalam daftar makanan rendah kalori yang cocok untuk diet.

Pengolahan ketang yang rendah kalori dapat dilakukan dengan cara direbus saja. Jika kamu mengolah kentang menjadi berbagai varian makanan justru membuat kalori dalam kentang meningkat.

2. Oatmeal

Makanan untuk diet sehat berikut nya adalah oatmeal.

Dalam 100 gram oatmeal mengandung  67,6 kcal. Di mana dengan jumlah lemak jenuh 1,4 gram, natrium 49 mg, kalium 61 mg.

Bukan hanya itu, oatmeal juga diperkaya akan vitamin A, Kalsium, zat besi, vitamin B6, dan juga magnesium.

Kamu dapat mengolah oatmeal menajadi bubur atau sereal saat sarapan pagi untuk menu diet di pagi hari.

3. Telur

Makanan untuk diet rendah kalori berikutnya adalah telur, pasalnya makanan yang satu ini hanya mengandung total kalori 155,1 kcal.

Dilangsir dari riset yang dilakukan oleh Healthline.com, mengonsumsi telur goreng dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar lemak jahat akibat minyak yang terkandung di dalamnya, sehingga telur rebus  lebih dianjurkan karena lebih rendah kalori.

4. Dada Ayam

Makanan untuk diet berikutnya adalah dada ayam.

Dada ayam dikenal sebagai daging yang rendah kalori namu tetap kaya akan protein, sehingga cocok di konsumsi oleh kalian yang sedang berada pada fase penurunan berat badan.

Dalam 100 gram potong dada ayam mengandung jumlah kalori 164,9 kcal. Mengandung 86 mg kolesterol, 74 mg natrium, 256 mg kalium, 31 g protein, dan kaya akan vitamin A, kalsium, vitamin D, vitamin B12, zat besi, vitamin B6, dan magnesium.

5. Daging Ikan

Makanan untuk diet sehat berikut nya adalah daging ikan.

Ikan dikenal sebagai sumber produksi protein, khusus nya pada daging ikan kod, ikan patin, ikan salmon, ikan kembung, dan ikan tuna. S

dalam per 100 gram ikan kod misalnya, terdapat 82 kcal dan 18 gram protein. Sedangkan, dalam 100 gram ikan tuna terkandung 131,9 kcal dan 28 gram protein.

Untuk jenis ikan salmon terdapat 208,2 kcal dan 20 gram protein. Untuk memasaknya, ikan tuna lebih baik direbus, dipepes, atau dipanggang agar tidak mengandung lemak jahat.

6. Sayuran Hijau

Makanan untuk diet rendah kalori berikutnya adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau.

Mengkonsumsi sayur-sayuran memang sangat direkomendasikan untuk kesehatan, terutama bagi kalian yang sedang menjalani diet.

Selain diperkaya dengan kandungan serat dan nutrisi, sayuran hijau juga menjadi pilihat menu diet sehat yang sangat tepat.

Salah satu contoh sayuran diet yang dapat kamu konsumsi yaitu mentimun, asparagus, brokoli, bayam, kembang kol, dan masih banyak lagi.

Dalam 100 gram sayuran brokoli terdapat 33,7 kcal, bayam mengandung 23 kcal, dan kembang kol mengandung 24,9 kcal.

Nah. Itulah beberapa makanan untuk diet rendah kalori yang dapat kamu coba. Semoga penjelasan kita kali ini dapat bermanfaat buat kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Komentar