16 Manfaat Kayang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

16 Manfaat Kayang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui (Foto:Istockphoto/@Iona Studio)

Kayang adalah salah satu gerakan dalam senam lantai yang sangat berguna untuk melatih kelenturan tubuh. Dalam kayang, kita biasanya menempatkan kedua tangan dan kaki di tanah atau matras, dengan posisi perut di atas dan punggung di bawah. 

Gerakan ini tidak hanya memberikan latihan fisik yang baik, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang penting bagi tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kelenturan tubuh dan menguatkan otot. 

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menyimak ulasan tentang apa manfaat kayang bagi kesehatan tubuh. Yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat kayang untuk penguluran otot perut dan kekuatan otot dengan rutin melakukan gerakan Backbend dan pose yoga lainnya selama 12 minggu dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh. Gerakan ini melibatkan banyak otot, termasuk otot bokong, paha bagian belakang, punggung, perut, kaki, dan pergelangan tangan.

2. Meningkatkan Kelenturan Tulang Belakang

Manfaat kayang untuk tinggi badan, dengan gerakan ini bisa meningkatkan fleksibilitas tulang belakang. Menurut penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melakukan gerakan Backbend secara teratur dapat tetap aktif dan lentur tanpa merasa kelelahan atau tegang pada sendi atau otot tulang belakang.

3. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat kayang adalah mengurangi stres, dimana saat melakukan gerakan backbend yang merupakan bagian dari yoga terkenal karena kemampuannya merelaksasi otot tegang dan mengurang stres. Yoga juga dapat meningkatkan mood, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kualitas tidur.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kayang bagi tubuh badan adalah menurunkan berat badan, anda hanya melakukan gerakan backbend, setidaknya sekali seminggu selama 30 menit. Selain itu, Yoga juga membakar kalori, mengurangi nafsu makan berlebihan, dan meningkatkan massa otot.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Gerakan yoga, termasuk Backbend, dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh. Peregangan dalam gerakan ini membantu aliran darah menjadi lebih lancar dan membantu mencegah kesemutan, kram otot, dan pembengkakan pada kaki.

6. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat melakukan gerakan Backbend dengan benar dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Yoga membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, yang dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi.

7. Meringankan Gejala Asma

Gerakan ini, dapat membantu mengatur laju pernapasan. Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat meringankan gejala asma dan mengontrol pernapasan pada penderita asma, serta mengurangi stres yang dapat memperburuk kondisi asma.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Saat melakukan gerakan ini dengan benar dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Yoga dapat membantu mempertahankan fungsi hormon insulin, menjaga kadar gula darah tetap terkontrol, dan mencegah komplikasi yang mungkin terjadi.

9. Membuat Tulang Punggung Tetap Sehat

Salah satu manfaat gerakan kayang adalah membantu menjaga kekuatan dan kelenturan tulang punggung. Latihan ini melibatkan peregangan tulang belakang, yang dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah masalah tulang belakang di masa depan.

10. Membentuk Otot Tubuh

Membentuk otot tubuh termasuk manfaat kayang setiap hari, dimana gerakan  Backbend melibatkan banyak otot tubuh, seperti otot kaki, bahu, dada, pergelangan tangan, dan lengan. Jika melakukan gerakan ini secara teratur akan membantu menguatkan dan membentuk otot-otot tersebut.

11. Membantu Terapi Masalah Pernapasan

Ketika berada posisi kayang dapat membuka rongga dada dan memperbaiki aliran udara ke paru-paru. Hal ini dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperbaiki masalah pernapasan, termasuk pada penderita asma.

12. Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas di berbagai bagian tubuh, termasuk pinggul. Dengan latihan yang teratur, otot-otot akan menjadi lebih lentur dan dapat bergerak dengan lebih leluasa.

13. Memberikan Energi Positif

Melakukan gerakan Backbend secara teratur dapat memberikan energi positif bagi tubuh dan pikiran. Latihan ini dapat mengurangi kelelahan, menenangkan pikiran, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

14. Menenangkan Pikiran

Manfaat kayang sebelum tidur yaitu menenangkan pikiran, sedangkan di dalam yoga membuka dada bisa membantu mengurangi stres dan ketegangan. Posisi ini dapat membantu menghasilkan perasaan ketenangan dan keseimbangan mental.

15. Membantu Terapi Masalah Pinggang

Saat melakukan gerakan ini dapat memperoleh manfaat untuk meredakan masalah pinggang, terutama jika disebabkan oleh kesalahan gerakan atau postur tubuh.  Karena melibatkan peregangan otot di sekitar pinggang dan dapat membantu memperkuat otot-otot tersebut.

16. Membakar Kalori

Gerakan Backbend dapat membantu membakar kalori lebih efektif, terutama pada area perut. Latihan ini dapat membantu mengencangkan otot perut dan membantu dalam proses penurunan berat badan.

Itulah pembahasan seputar 16 manfaat kayang bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui dan anda rasakan jika melakukan secara rutin. Selain itu pastikan juga sudah melakukan kayang dengan benar, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel