Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Mengonsumsi makanan setelah olahraga dengan kandungan nutrisi yang tepat bisa membantu tubuh mendapatkan kembali apa yang dibutuhkannya lebih cepat. Karena seusai olahraga, pastinya tubuh akan mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot tersebut.

Jadi, sebaiknya kamu mengonsumsi makananyang mengandung karbohidrat dan protein yang cukup setelah olahraga untuk menggantikan nutrisi yang hilang.

Dan buat untuk kamu yang hobi berolahraga seperti artis Verrel BramastaLuna Maya, atau Callista Arum ada baiknya kamu mengonsumsi beberapa makanan setelah olahraga seperti berikut ini.

1. Telur Utuh dan Roti Panggang



Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Sedangkan roti mengandung karbohidrat untuk mengisi kembali energi hilang saat olahraga. Kamu bisa mengkreasikan telurnya sesuai selera, baik sekadar direbus atau dibuat menjadi scramble egg (telur orak-arik). Untuk roti gandumnya cukup dipanggang saja.

2. Ayam Panggang dan Ubi Jalar



Jika sehabis olahraga kamu merasa sangat lapar, maka kamu boleh mencoba memakan makanan yang sedikit lebih berat seperti ayam panggang dan ubi jalar.

Sepotong dada ayam tanpa tulang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Sementara ubi jalar mengandung karbohidrat yang cukup dan mengandung banyak nutrisi penting serta rendah kalori.

3. Graham Cracker, Selai Kacang dan Susu Cokelat Rendah Lemak



Makanan selanjutnya yang baik sehabis olahraga ada kudapan ringan biskuit graham, selai kacang dan susu cokelat rendah lemak. Makanan ini termasuk kombinasi yang sempurna dengan sumber karbohidrat dan protein yang dibutuhkan untuk mengisi ulang tenaga.

4. Overnight Oats



Oat adalah salah satu makanan terbaik untuk mendapatkan protein dan karbohidrat sekaligus, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan setelah melakukan aktivitas olahraga pagi.

Oat merupakan jenis biji-bijian yang sangat bergizi. Mengandung protein, serat, antioksidan serta berbagai vitamin dan mineral. 

5. Smoothie



Smoothie adalah minuman yang terdiri dari campuran buah dan sayuran. Minuman ini kaya akan vitamin dan menyegarkan, sehingga cocok diminum sebagai sarapan atau bahkan ketika cuaca sedang panas.

Kamu hanya membutuhkan blender untuk membuatnya. Serta tambahkan bubuk protein atau greek yogurt pada buah dan sayuran yang akan kamu blender.

6. Keju Cottage Dengan Sayuran



Keju cottage putih mengandung banyak protein dan juga leusin. Asam amino meningkatkan sintesis protein setelah olahraga. Kamu bisa mencoba menyantap keju cottage dengan wortel atau mentimun cincang yang segar dan bergizi.

7. Salmon dan Bayam



Makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga berikutnya adalah Salmon dan Bayam. Salmon panggang dengan segenggam bayam dan satu sendok minyak zaitun mengandung vitamin B12 dan vitamin D, asam lemak, omega-3 serta diperkaya dengan antioksidan.

Itulah beberapa macam makanan yang baik setelah melakukan aktivitas olahraga pagi hari.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel