Tahapan Diet OCD dan Caranya


Diantara banyaknya pilihan metode, diet OCD atau intermitten fasting adalah salah satu yang masih menjadi primadona hingga kini. Meski menuai kontroversi dari berbagai pihak, diet yang mirip seperti metode puasa ini sebenarnya aman dan efektif dilakukan asal dilaksanakan dengan benar.

Jika dilakukan dengan benar, diet OCD dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Lantas seprti apa cara diet OCD yang benar? Adakah tahapan-tahapan yang harus dilalui seorang pemula yang ingin mencoba metode diet ini? simak ulasan berikut hingga tuntas. selain itu, kamu juga bisa membaca chord happy skinnyfabs dan manfaat buah kolang kaling.

Tahapan Diet OCD yang Baik dan Benar

Waktu Bebas Makan 8 jam dengan Puasa 16 jam (Level 1)

Tahap diet OCD yang pertama yaitu dengan puasa selama 16 jam dan mengkonsumsi makanan pada rentang waktu 8 jam. Misalnya kita memulai diet OCD pada jam 10 pagi, maka kita dapat mengonsumsi makanan apapun dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore.

Setelah jam 6 sore kita melakukan puasa sampai jam 10 pagi. Lakukan tahap ini selama 2 minggu agar tubuh mampu menyesuaikan diri. Setelah itu, naik ke level yang kedua.

Waktu Bebas Makan 6 Jam dengan Puasa 18 Jam (Level 2)

Pada level kedua cara diet OCD ini kita dapat mengonsumsi makanan apapun selama durasi 6 jam, setelah waktu tersebut berakhir kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi apapun kecuali air putih dan jenis minuman tanpa kalori lainnya.

Pada level ini dianjurkan berpuasa selama 18 jam, misalnya kita memulai diet OCD pada jam 10 maka waktu kita bebas memakan yaitu dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Apabila kita memulai diet OCD pada jam 12 siang maka waktu makan dimulai dari jam 12 siang sampai jam 6 sore dan seterusnya.

Waktu Bebas Makan 4 jam dengan Puasa 20 jam (Level 3)

Tahapan selanjutnya yaitu level 3 dengan makan bebas 4 jam dan puasa selam 20 jam. Cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dari level 1 dan level 2, perbedaannya hanya pada waktu kapan kita boleh mengkonsumsi makanan dan kapan kita tidak boleh mengkonsumsi makanan.

Pada level ke 3 ini masa jendela untuk makan yaitu 4 jam, misalnya saja kita memulai diet pada saat jam 1 maka kita diperbolehkan mengkonsumsi makanan mulai dari jam 1 siang sampai jam 5 sore, setelah melewati jam tersebut kita tidak boleh mengkonsumsi apapun selain air mineral dan minuman tanpa kalori lainnya.

Puasa Selama 24 jam (Level 4)

Level ke 4 terbilang sangat berat untuk dilakukan, karena kita tidak punya masa jendela bebas makan. Akan tetapi bukan berarti pada level ini kita tidak mengonsumsi makanan sama sekali. Melainkan kita makan hanya satu kali sehari tanpa masa bebas makan.

Misalnya kita memulai diet OCD pada level ini pada jam 2 maka kita hanya makan saat jam 2 siang setelah itu kita tidak boleh mengonsumsi makanan kecuali mengonsumsi air mineral dan akan kembali mengkonsumsi makanan untuk besoknya pada jam yang sama yaitu jam 2 siang.

Nah, itulah dia beberapa tahap dan cara melakukan diet OCD, semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel