Aturan Diet Makanan Mentah (Raw Food Diet) dan Manfaatnya


Raw food diet atau diet makanan mentah adalah salah satu jenis diet yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Latar belakang dari diet ini adalah proses pemanasan yang digunakan saat memasak makanan akan mengurangi kadar zat gizi dan enzim-enzim yang terdapat di dalam makanan.

Padahal enzim-enzim tersebut baik bagi pencernaan dan membantu melawan berbagai macam penyakit terutama yang bersifat kronis. Sambil melakukan diet Raw Food, kamu juga bisa membaca cara menghapus akun instagram dengan berbagai cara.

Aturan dalam Raw Food Diet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, diet mentah dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tidak diproses dan sebagian besar organic. Ketika menjalani diet mentah, makanan pokok yang akan kamu konsumsi contohnya buah-buahan mentah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji yang bertunas.

Beberapa makanan susu yang tidak dipasteurisasi, telur mentah, daging, dan ikan juga boleh kamu konsumsi.

Makanan yang kamu konsumsi bisa dingin atau bahkan sedikit hangat, asalkan tidak melebihi 40 derajat celcius. Kamu dapat menggunakan blender, pengolah makanan, dan dehydrator untuk menyiapkan makanan.

Kendati demikian, mengonsumsi makanan mentah dan tidak dipasteurisasi terbukti dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk mengurangi risikonya, pastikan kamu mencuci makanan sampai benar-benar bersih bahan-bahan makanan yang akan kamu konsumsi.

Diet ini juga berisiko menimbulkan keracunan makanan akibat mengonsumsi makanan mentah yang tidak dibersihkan sampai bersih. Itu mengapa, diet ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil, anak kecil, manula, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, dan orang yang memiliki kondisi medis kronis seperti penyakit ginjal.

Untuk mengikuti diet makanan mentah, pastikan setidaknya 75 persen makanan yang kamu makan adalah mentah. Kebanyakan diet makanan mentah kebanyakan terbuat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Biji-bijian dan kacang-kacangan juga sering diizinkan, tetapi biasanya perlu direndam atau ditumbuhkan sebelum kamu memakannya.

Manfaat Diet Makanan Mentah

Tinggi nutrisi

Diet makanan mentah cenderung tinggi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan yang semuanya merupakan makanan pokok dari diet sehat. Makanan verbagai makanan ini akan memberikan banyak vitamin, mineral, lemak sehat dan protein. Selain itu, diet makanan mentah juga lebih sedikit dalam mengonsumsi makanan olahan.

Mempertahankan Enzim dalam Makanan

Menurut beberapa sumber ahli, proses memasak dapat mersak atau mengubah enzim alami dalam makanan, serta beberapa vitamin esensial. Sehingga dapat dikatakan bahwa makanan mentah merupakan makanan yang memberikan enzim secara alami.

Penurunan Berat Badan

Jika seseorang ingin menurunkan berat badan, maka diet makanan mentah dapat membantu. Hal ini karena makanan mentah biasanya rendah kalori, dan konsumsi makanan nabati tinggi serat akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Manfaat lainnya

Diet makanan mentah juga dapat memberikan manfaat lain, seperti :

  • Meningkatkan lebih banyak energi
  • Kulit tampak lebih bersih
  • Pencernaan lebih terjaga

Demikianlah ulasan seputar aturan diet makanan mentah atau Raw food diet beserta manfaatnya, semoga dapat menambah wawasanmu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel