Tips Diet Setelah Melahirkan


Keinginan untuk menurunkan bobot bada setelah melahirkan mungkin menjadi prioritas lain bagi para ibu di samping menjaga dan merawat bayi. Syangnya, terkadang ada beberapa hal yang menjadi penyebab berat badan tidak kunjung turun setelah melahirkan. Selain itu, Bunda bisa membaca biodata Anastasya Khosashi dan cara membuat cemilan buah kering.

Nah, artikel ini akan membahas tips diet setelah melahirkan, untuk itu simak dibawah ini.

Makan Makanan Seimbang

Bunda mungkin merasa dengan mengurangi makan akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Sayangnya, itu akan mengarah pada hasil yang berlawanan. Ketika bunda adalah seorang ibu baru, pastilah akan sering terjadi stress, banyak khawatir dan tidak makan dengan benar, hal inilah yang membuat berat badan naik.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang sepanjang hari, bukan dengan mengurangi makanan.

Makan Makanan rendah Kalori

Ketika bunda seorang ibu baru, tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk membantunya kembali ke drinya yang paling sehat, dan juga menghasilkan cukup susu untuk bayi. Daripada makan makanan yang akan membuat bunda merasa kenyang tanpa melakukan banyak hal untuk tubuh, carilah makanan super.

Dengan memakan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, kalsium, protein dan serat, seperti salmon, sarden, tuna, daging tanpa lemak, ayam, telur, kacang-kacangan, kacang polong, yogurt, dan makanan gandum utuh. Kurangi makanan yang tinggi kalori. ini akan membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Berolahraga

Berkonsultasilah ke pada dokter untuk memahami kapan dapat kembali berolahraga. Berfokus pada latihan yang mudah dan dasar untuk memulai, sehingga bunda tidak merasa terlalu lelah atau tidak melukai diri sendiri dalam prosesnya. Beberapa latihan yang dapat bunda coba adalah berjalan, jogging, berenang, aerobic, yoga, dan sejenisnya.

Tidur Cukup

Tidak cukup tidur dapat mempengaruhi metabolisme dan memperlambat proses penurunan berat badan. Cobalah menugaskan pekerjaan rumah tangga kepada asisten rumah tangga dan tidur. Bunda juga bisa memompa ASI dan mengambil beberapa sesi tidur siang.

Tidur cukup juga baik untuk kesehatan bunda setelah melahirkan agar mencegah gejala stroke ringan yang mungkin terjadi bagi bunda.

Menurunkan Tingkat Stress

Tips diet setelah melahirkan berikutnya adalah jangan sampai stress. Karena menjadi ibu baru pasti memiliki tanggung jawab dan tekanan, dan itu wajar untuk merasa kewalahan dan stress.

Stress dapat mempengaruhi penurunan berat badan, jadi cobalah dan kurangi sebanyak yang bunda bisa. Minta pasangan untuk merawat bayi sementara bunda menikmati me time. Lakukanlah apapun yang membuat bunda satai, sehingga tidak terlalu stress.

Minum Air Putih

Ahli gizi mengatakan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama masa menyusui sangatlah penting/ bunda direkomendasikan untuk meminum hingga 3 liter air setiap hari agar membantu kelancaran produksi asi. Selain itu, minum air putih dapat member efek kenyang dan merangsang metabolisme yang membantu penurunan berat badan.

Memberi ASI

Dengan memberikan ASI kepada bayi akan memenuhi nutrisi dan membentuk sistem kekebalan tubuhnya untuk melawan virus dan bakteri.

Sementara bagi bunda, menyusui dapat mengurangi risiko terkena penyakit hipertensi, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker ovarium. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu penurunan berat badan pasca melahirkan.

Nah, itulah beberapa tips diet yang bisa bunda lakukan untuk menurunkan bobot badan, semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengetahui biodata dari Kenny austin loh, terimakasih telah mengunjungi blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel