Penyebab Berat Badan Mengalami Kenaikan

Penyebab Berat Badan Mengalami Kenaikan

Memiliki berat badan yang ideal merupakan sebuah impian yang di dambakan bagi kebanyakan orang, baik itu wanita maupun pria.

Memiliki bentuk badan yang ideal akan membantu kalian untuk tampil lebih percaya diri lagi, selain itu kalian juga akan gampang untuk memilih jenis pakaian.

Namun hingga saat ini, beragam permasalahan mengenai bentuk badan ini kerap muncul, salah satunya adalah kenaikan berat badan sehingga bentuk badan tidak lagi ideal,

Nah, sebenarnya apa saja sih yang menjadi penyebab berat badan naik? Pada kesepmpatan kali ini kita akan membahas nya secara satu per satu.

Penyebab Berat Badan Mengalami Kenaikan

Penyebab Berat Badan Mengalami Kenaikan

1. Gangguan tiroid

Salah satu penyebab yang membuat berat badan menjadi naik adalah bisa jadi karena kalian mengalami gangguan tiroid, lebih tepatnya hipotiroidisme.

Munculnya penyakit ini dapat menyebabkan melambatnya sistem metabolism yang ada di dalam tubuh, sebagai akibatnya tubuh akan mengalami kenaikan berat badan.

Selain itu, adanya gangguan pada hormone tiroid juga dapat memicu tubuh untuk menahan sisa cairan akibat adanya efek hipotiroidisme pada ginjal.

2. Insomnia

Penyebab naiknya berat badan yang berikutnya adalah karena faktor insomnia atau kondisi dimana tubuh mengalami kesulitan untuk tidur dimalam hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Howard Hughes Medical Institute melaporkan bahwa peserta yang kurang tidur makan lebih banyak karbohidrat.

Jumlah karbohidrat tersebut bahkan lebih dari yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi mereka, terutama setelah makan malam.

3. Sindrom polikistik ovarium

Penyebab naik nya berat badan yang berikutnya adalah karena adanya sebuah masalah Sindrom polikistik ovarium yang membuat tubuh lebih cepat mengalami penambahan berat badan, khusunya pada area sekitar perut.

Hal ini juga dapat berakibat kepada peningkatan hormone seks pada seorang lelaki dengan anggka yang cukup tinggi.

Obat penyakit yang satu ini memang sudah ada di berbagai tokoh obat. Akan tetapi, dokter juga sangat menganjurkan untuk para penderita penyakit yang satu ini untuk rutin dalam melakukan olahraga.

4. Penuaan

Faktor berikutnya yang dapat menjadi sebuah penyebab naiknya berat badan adalah karena faktor penuaan.

Faktor penambahan usia ternyata juga dapat mempengaruhi berat badan. Ketika usia semakin menua, maka proses pembakaran kalori di dalam tubuh akan mengalami penurunan, sehingga akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh.

5. Makan sambil melakukan aktivitas lain

Faktor berikutnya yang dapat membuat naiknya berat badan adalah karena kebiaasan buruk, seperti sering makan sambil dalam keadaan yang berdiri.

Ketika kalian makan dalam posisi yang sambil berdiri, maka tubuh tidak akan mampu mengendalikan asupan didalam tubuh dengan baik, sehingga hal tersebut dapat memicu naiknya berat badan.

6. Berhenti merokok

Faktor berikutnya yang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan adalah karena faktor berhenti dari kebiasaan merokok.

Berhenti merokok memang menjadi sebuah keputusan yang tepat karena dapat menghindari tubuh dari resiko yang mematikan.

Namun disisi lain, ternyata dengan berhenti merokok, seseorang juga dapat mengalami stress yang dapat memicu meningkatnya hormon penyebab kenaikan berat badan.

7. Menstruasi

Faktor berikutnya yang dapat memicu meningkatnya berat badan adalah sedang dalam masa menstruasi.

Selama menjalani masa menstruasi, tubuh akan mengalami retensi air dan perut kembung ketika masa haid tiba. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan kadar estrogen dan progesteron.

Faktor tersebut ternyata dapat memicu nafsu makan yang tidak terkontrol, sehinngga tubuh akan mengalami kenaikan berat badan.

8. Penggunaan obat-obatan

Faktor berikutnya yang dapat membuat berat badan naik adalah karena pengaruh penggunaan obat yang mengandung beberapa kandungan zat tertentu.

Contohnya dalam kehidupan nyata adalah begini. Jika kalian mengkonsumsi obat steroid untuk mengatasi masalah seperti asma dan peradangan sendi bisa meningkatkan nafsu makan.

Nafsu makan yang meningkat tentu akan membuat kenaikan pada berat badan, itulah mengapa mengkonsumsi obat dengan kandungan zat tertentu dapat memicu kenaikan berat badan.

Nah, itulah beberapa faktor yang dapat memicu naiknya berat badan. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat bagi kamu ya. Terimasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar